Tips Tepat Busana Wawancara Kerja Untuk Pria

BUSANA_WAWANCARA_PRIA

Ketika wawancara kerja berlangsung, Anda dituntut untuk tampil sempurna dalam segala hal, baik dalam hal bersikap, berpikir maupun penampilan. Karena momen tersebut merupakan momen ‘menjual diri’ Anda kepada perusahaan secara langsung. Untuk itu anda harus dapat memberikan kesan sempurna pada para pewawancara. Berikut ini tips untuk dapat menarik hati pewawancara melalui gaya busana Anda:

1. Pakaian. Pilihlah kemeja lengan panjang dengan warna-warna netral dan kalem, seperti putih, abu-abu, cream atau dapat juga berkombinasi pola bergaris untuk wawancara di perusahaan-perusahaan perbankan, BUMN atau Instansi Pemerintah. Kemeja lengan panjang dengan warna-warna berani seperti biru, pink, coklat tua atau bahkan hitam, akan lebih tepat apabila Anda pilih untuk wawancara kerja di perusahaan-perusahaan swasta, multinasional atau advertising. Untuk kedua jenis pilihan warna kemeja panjang di atas, Anda dapat mengkombinasikannya dengan dasi, vest atau jas/celana warna gelap – dengan model regular fit.

2. Rambut. Gunakan gel atau foam untuk memberikan kesan wet look pada rambut Anda. Hal ini cukup banyak mempengaruhi kesan segar (fresh) pada wajah Anda.

3. Riasan Wajah. Tidak harus seperti kaum wanita yang mempergunakan riasan wajah secara lengkap, anda cukup menggunakan bedak tipis pada wajah Anda untuk mengurangi kesan berminyak pada wajah. Jangan lupa untuk mencukur kumis dan jenggot Anda sehingga Anda bisa sempurna tampil bersih dan rapi.

4. Sepatu. Pilihlah model sepatu yang mempunyai hak (heels) sedang, dengan warna hitam, guna memberikan kesan tegas dan profesional, disamping tentu saja Andaakan terlihat semakin tinggi/gagah.

5. Aksesoris. Gunakan aksesoris secukupnya saja, jangan berlebihan. Pilihlah parfum dengan nuansa keharuman yang soft, karena Anda hanya akan berada pada ruangan yang relatif sempit – ruang wawancara. Gunakan ikat pinggang dengan warna hitam dan model sederhana (kotak/ellipse), agar tidak memunculkan point of interest baru dari penampilan Anda, misalnya ikan pinggang dari anyaman kulit atau ikat pinggang dengan gasper burung elang, lambang superhero dsb. Apabila Anda bermaksud membawa tas ke dalam ruang wawancara, siapkanlah model tas dengan desain konservatif dan tentu saja tidak lecek atau butut, karena akan mengurangi penilaian penampilan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: