Pakaian Adat Maluku

Pakaian Adat:

Prianya memakai pakaian adat berupa setelan jas berwarna merah dan hitam, baju dalam yang berenda dan ikat pinggang. Sedangkan wanitanya memakai baju cele, semacam kebaya pendek, dan berkanji yang disuji. Perhiasannya berupa anting-anting, kalung dan cincin. Pakaian ini berdasarkan adat Ambon.

Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang terkenal di Maluku adalah parang salawaku . Panjang parang 90-100 cm, sedangkan salawaku (perisainya dihiasi dengan motif-motif yang melambangkan keberaniannya). Parang tersebut terbuat dari bahan besi yang khusus. Kepala parang dari kayu keras, seperti kayu besi atau kayu gapusa . sedangkan salawaku terbuat dari kayu yang keras pula. Selain untuk keperluan berperang, parang salawaku dipakai untuk berburu binatang. Senjata lainnya adalah tombak untuk menangkap ikan disebut kalawai. Busur dan panah terdapat juga di Maluku.

Rumah Adat

Rumah adat Maluku dinamakan Baileo, dipakai untuk tempat pertemuan, musyawarah dan upacara adat yang disebut seniri negeri. Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh serambi. ATapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia, sedangkan dindingnya dari tangkai rumbia yang disebut gaba-gaba.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: